Pengertian Dan Tanda Ngidam Bagi Ibu Hamil

Pengertian Dan Tanda Ngidam Bagi Ibu Hamil

Hamil atau mempunyai momongan adalah harapan bagi pasangan yang telah menikah,terlepas dari itu ada istilah bagi ibu hamil yaitu ngidam, apa itu ngidam?ngidam adalah suatu tanda kehamilan biasanya pada bulan pertama kedua ataupun bisa sampai akhir mengandung.ada juga yang menyebutkan bahwa ngidam adalah salah satu penyakit psikologis yang menyerang ibu hamil.

Menurut para peneliti dan ilmuwan, misalnya Janet Pope, PhD, asisten profesor nutrisi dan diet dari Lousiana Tech University, Ruston, Amerika Serikat, menjelaskan ngidam sebenarnya terjadi karena adanya pengaruh hormon. Saat hamil wanita merasakan hal serupa ketika mereka tengah haid, menginginkan sesuatu yang disebabkan pengaruh hormon.
hal ini ditandai : 
pengertian ngidam bagi ibu hamil
  1. mual dan alergi hal ini dikarenakan naiknya kadar hormon progesterone pada wanita hamil, akan berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh, salah satunya pada organ pencernaan dan produksi air liur. dengan meningkatnya produksi air liur, selain menyebabkan sering meludah, juga akan menimbulkan rasa logam dan tebal dimulut, sehingga sering timbul rasa mual muntah, dan menginginkan makanan yang tajam rasanya seperti asam dan asin.
  2. timbulnya hasrat atau keinginan memakan makanan tertentu,sebagai contoh apabila di masa luar kehamilan si ibu tidak suka makanan ikan, tetapi pada masa hamil merasa ingin makan ikan bahkan setiap hari,mendingan kalau ikan ya? bahkan diluar negeri sana ada seorang ibu pada saat ngidam ingin memakan arang setiap dia melihatnya, ada juga yang ingin makan daging dari hewan yang mati tertabrak..ngeri juga ya..apakah nantinya ada efek samping dari makanan tersebut?
  3. timbulnya perilaku aneh pada ibu yang sedang ngidam,pembawaanya diantaranya ada yang rajin beres-beres dan bersih-bersih,ada yang malas seharian nonton televisi dan tiduran,ada yang alergi terhadap bau dan sebagainya
bagi para suami yang sabar ya..saya juga pernah mengalami menghadapi istri yang sedang ngidam,biasanya jika istri lagi ngidam ingin memakan sesuatu mau jam berapapun harus dituruti,entah itu mau hujan besar,permintaan ingin makanan yang aneh yang tidak mungkin ada.
apabila sang istri alergi pada bau repot juga kan kita mau deketin atau romantisan , dan juga jangan kaget apabila perasaan seorang istri yang ngidam sangat sensitiv

Terkadang bayak orang beranggapan bahwa apabila keinginan makan sesuatu,atau keinginan yang lain-lainya yang tidak terpenuhi akan berakibat buruk atau efek samping pada bayi yang akan lahir nanti.untuk jawaban tersebut tentunya jadi pekerjaan rumah buat kita yang jelas selama permintaannya tidak aneh-aneh dan tidak membahayakan ibu dan janin kita turuti saja,tetapi jika permintaan nya bisa membahayakan alangkah baiknya minta saran dulu ke dokter atau ahli kandungan.Baca juga cara menghilangkan mual dan muntah saat hamil

mudahan-mudahan artikel tentang pengertian dan tanda ngidam bagi ibu hamil bermanfaat.
Dalam Agama islam sendiri ada beberapa makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil contohnya buah kurma,buah pear dan lainya.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top