Tips Cara Menghilangkan Mual Muntah Saat Hamil

Tips Cara Menghilangkan Mual Muntah Saat Hamil

Gejala mual dan muntah saat hamil muda bagi kaum ibu adalah hal yang sering terjadi,hal ini dikarenakan meningkatnya hormon estrogen (sekelompok senyawa yang berfungsi terutama sebagai hormon wanita) membuat kadar asam lambung meningkat sehingga munculnya rasa mual dan terjadi saat perut kosong atau faktor udara yang dingin.
Mual saat hamil ini juga terjadi oleh perubahan glikogen hati yang dapat memicu rasa mual dan muntah,dan tentunya faktor psikologis juga dapat memicu rasa mual saat hamil
Gejala mual ini dinamakan emesis gravidarum atau gejala yang sering disebut sebagai morning sickness (perasaan mual dan ingin muntah). Biasanya hanya terjadi pada trimester pertama masa kehamilan, dan akan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan melewati trimester kedua dan ketiga tetapi ada juga yang mengalami sampai akhir kehamilan.lihat selengkapnya pengertian dan tanda ngidam bagi ibu hamil

mual muntah saat hamil


berikut tips atau cara untuk menghilangkan rasa mual saat hamil:

  • hindari stress dan istirahat yang banyak,dengan cara ini bisa membantu mengurangi rasa mual karena apabila dalam keadaan stres makin bertambah rasa mualnya,misalkan dengan cara menonton tv,mendengarkan musik atau aktivitas lain yang tidak menyebabkan kelelahan.
  • Siapkan camilan seperti kue,coklat atau apa saja yang disukai agar dapat mengisi perut jika kosong.ada yang menyarankan makan kurma atau jahe bisa mengurangi rasa mual.
  • Minum susu bagi ibu hamil,coba dulu beli susu yang kemasan kecil supaya nanti apabila tidak suka bisa diganti dengan rasa yang lain sekarang sudah banyak produk susu yang menyediakan dengan berbagai rasa,
  • Mengkonsumsi gizi yang seimbang diantaranya buah-buahan dan makanan yang ber karbohidrat tinggi seperti, kentang, biskuit, roti, ubi-ubian, singkong dan sebagainya.jangan lupa sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening (daun ubi, daun bayam, daun katuk, dll) supaya nutrisi untuk janin yang dikandungan sehat.
  • apabila bangun tidur biasakan bergerak perlahan,hindari bergerak dengan gerakan refleks dan cepat. duduklah sebentar dan bersandar pada tempat tidur baru bergerak perlahan dan berdiri.
  • Hindari makanan yang pedas,berlemak atau asam,memang kebanyakan saat hamil menginginkan makanan yang pedas,asam tetapi justru akan menambah rasa mual, ada yang menyarankan makan es cream katanya bisa menghilangkan mual tapi ingat jangan terlalu sering dan banyak karena nanti bayinya akan besar.


sekian dulu tips menghilangkan rasa mual saat hamil mudah-mudahan bermanfaat
bagi ibu-ibu yang punya tips lain silahkan sharing disini.Baca juga Cara untuk hamil bayi laki-laki.



2 comments:

Areabumil said...

Kalau lagi stress biasnya saya mendengarkan music yang keras.. tapi kalau mual saya isitriahat dengan minum air hangat sedikit kecut dan manis

Darah tinggi said...

Bagus Artikelnya, Terima kasih untuk infonya

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top