Mencegah Multiple Sclerosis dengan Minum Kopi

Mencegah Multiple Sclerosis dengan Minum Kopi

Multiple sclerosis adalah sebuah penyakit yang menyerang kekebalan sistem saraf pusat yang berada di otak dan sumsum tulang belakang. Sampai saat ini belum ada obat yang tepat untuk penyakit berbahaya ini sehingga perlu dilakukan penanganan sehingga masyarakat tidak sampai terjebak dan mengidap penyakit ini.

Meskipun jalur pengobatan memang belum ditemukan yang efektif, akan tetapi banyak cara untuk memperlampat proses parah penyakit ini dan mencegah agar Anda tidak menjadi salah satu pengidap penyakit yang mematikan ini. Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda terhidar dan mengurangi resiko Anda untuk mendapatkan penyakit ini. Salah satunya adalah dengan membiasakan diri untuk minum kopi.

Mencegah Multiple sclerosis dengan minum kopi, betulkah?
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Baltimore, University of Medicine, mengungkapkan bahwa memiliki kebiasaan minum kopi akan memberikan peluang berkurangnya resiko mengidap penyakit multiple sclerosis (MS), juga mencegah terjadinya peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Jika saat ini Anda memang tidak terlalu suka meminum kopi, sebaiknya segera mencoba karena ternyata kopi memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Berikut ini adalah penelitian yang memaparkan bagaimana khasiat kopi yang berhubungan dengan pencegahan multiple sclerosis yang diadakan oleh university of medicine di Baltimore.

Para peneliti awalnya melakukan study dengan mengamati responden yang berada di dua tempat berbeda, yaitu di Swedia dan Amerika. Di Swedia, peneliti melibatkan sebanyak 1.629 orang yang mengidap multiple sclerosis dan 2.807 orang yang sehat. Sementara di Amerika ada sekitar 1.159 partisipan yang mengidap penyakit tersebut, dan sejumlah 1.172 yang berada dalam keadaan sehat.

Ellen Mowry, MD, MCR, sebagai salah satu peneliti dalam studi ini mengatakan bahwa pengonsumsuian kafein telah dikaitkan dengan penurunan resiko mengidap penyakit alzheimer, dan parkinson. Selain itu, studi ini juga menunjukkan adanya kehasiat kopi yang diminum partisipan yang dapat melindungi tubuh mereka dari MS. Hasil penelitian ini ternyata mendukung penelitian yang dilakukan sebelumnya yang berhubungan dengan adanya fungsi kafein atau kopi yang bisa melindungi otak dengan baik.

Hasil penelitian di Swedia telah memperlihatkan bahwa orang-orang yang tidak meminum kopi mempunyai resiko terkena multiple sclerosis 1,5 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang meminum kopi sebanyak 6 cangkir kecil setiap harinya. Sedangkan hasil penelitian di Amerika menggambarkan bahwa orang orang yang tidak meminum kopi berisiko terkenal MS sebanyak 1,5 kali lebih besar jika dibandingkan yang meminum 4 atau lebih cangkir kopi setiap hari dalam satu tahun.

Demikian penelitian mengenai multiple sclerosis yang menghasilkan informasi bahwa kopi dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit MS ini. Mengonsumsi kopi dengan jumlah yang cukup banyak sepanjang tahun akan memberikan efek yang baik untuk otak sehingga memperlambat gejala MS pada diri seseorang yang meminumnya.

Diharapkan akan ada penelitian lebih lanjut tentang kopi dan kandungannya yang dapat mempengaruhi dan menyembuhkan kerusakan akibat MS dan seperti apa efek atau akibat buruk mengonsumsi kopi dalam porsi dan takaran yang cukup banyak. Keseimbangan kesehatan haruslah terus dijaga sehingga ketika MS sudah diobati tidak akan timbul penyakit lain akibat mengonsumsi kopi yang berlebihan.

Informasi lebih lanjut mengenai penyakit multiple sclerosis dapat Anda peroleh dari berbagai sumber baik dari internet ataupun dari departemen kesehatan yang terkait. Peka terhadap gejala yang dimunculkan diharapkan akan memberikan peluang untuk mencegah dan menghindari penyakit ini menyebar lebih luas lagi di dunia.


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top