Pengertian Seni Menjual Yang Baik

Pengertian Seni Menjual Yang Baik

Ada beberapa faktor yang menunjang untuk memasarkan produk yang anda jual supaya hasilnya lebih maksimal dalam artian produk yang anda jual laku dipasaran.Bagi penjual tentunya harus faham betul tentang produk yang akan dijual dan memahami tehnik atau seni menjual yang baik sehingga nantinya bisa menjelaskan kepada pelanggan dengan detail.

Seni Menjual adalah suatu seni untuk mempengaruhi orang lain supaya tertarik dan bersedia membeli barang atau jasa yang kita tawarkan.Apabila penjual memahami ini maka akan lebih mudah untuk memulai usahanya menuju keberhasilan.

seni menjual

Hal  yang harus dilakukan penjual yang baik adalah:

1. Mengenali dan mengetahui keadaan dirinya menyangkut keadaan fisik, misalnya :
· Penglihatan
· Pendengaran
· Nada suara
· Gaya bicara
· Penampilan

2.Mengenali termasuk tipe manusia yang bagaimana saya ini :
· Orang yang selalu bergembira atau sebaliknya
· Orang yang lekas marah atau sebaliknya
· Orang yang suka bergaul atau sebaliknya
· Orang yang lekas bosan atau sebaliknya

3.Memiliki pengetahuan tentang barang yang akan dijual secara mendalam tentang kualitasnya, kekuatannya dan cara penggunaannya.

4.Memiliki pengetahuan tentang calon pembeli. Hal yang paling penting bagi seorang penjual adalah harus mengetahui siapa calon pembeli, bagaimana sifatnya, karakternya. Sebagai seorang penjual harus dapat mengenal segala hal yang berkaiatan dengan ribuan orang yang berbeda-beda kemauannya.

Cara mengadakan kontak dengan pembeli :
· Datang sendiri memperkenalkan diri
· Dengan perantara orang lain
· Dengan perantara surat
· Dengan perantara telepon
· Dengan melalui organisasi/ perkumpulan

Cara menghadapi pembeli :
· Ciptakan suasana yang menyenangkan
· Buatlah suasana persahabatan yang intim
· Besarkan perasaan hati pembeli agar merasa dirinya paling penting

Mengadakan pendekatan kepada pembeli :
· Memberi salam
· Menunggu sejenak
· Pendekatan dagang
· Menaruh perhatian

Teknik mendorong untuk membeli :
Penjual harus mengetahui dasar-dasar kejiwaan diantara mereka tergantung pada faktor pendapatan, status,pendidikan dan sebagainya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan :
· Jangan membicarakan soal politik atau agama ketika sedang melakukan pembicaraan dagang
· Jangan masuk kantor sambil merokok
· Jangan mengetuk pintu keras-keras
· Jangan ngobrol terlalu lama
· Untuk barang mahal jangan sebut harga terlebih dahulu sebelum mengemukakan kualitasnya. Untuk barang murah sebutkan harganya lebih dahulu sebelum mengemukakan kualitas barang.

Contoh cara memberi perhatian yang wajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan misalnya di toko sepatu :
· Ada yang bisa kami bantu Bu / Pak
· Silahkan lihat-lihat
· Biasa menggunakan ukuran berapa
· Tersedia 4 warna sesuai contoh
· Boleh dicoba
· Sempit atau tidak
· Coba dua-duanya dikenakan
· Silahkan dicoba untuk berjalan

Cara pendekatan terhadap pembeli :
· Dengan memberi salam
Sebagai kalimat pembuka untuk mendekati pembeli sewaktu masuk ke dalam toko ucapkan “Selamat pagi, selamat siang atau selamat sore “ Pak /Bu
· Dengan menunggu sejenak
Setelah teguran yang pertama, tunggulah dalam waktu 4 detik, jangan terus bertanya tapi tunggu reaksi pembeli.
· Dengan memberikan pelayanan

Dalam hal ini mencoba membantu apa yang dikehendaki pembeli dan jangan tergesa-gesa. Cara ini hanya dapat dijalankan apabila pembeli telah memikirkan sejenak atau melihat-lihat dari mimiknya ia mengharapkan bantuan kita.

Teknik mengendalikan keberatan pembeli

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penjual :
· Mengetahui dulu berupa apa saja keberatannya , apakah keberatannya masalah harga atau kualitasnya. Kalau sudah jelas baru penjual menceritakan jalan keluarnya.
· Dengarlah baik-baik segala keberatannya dan jangan memotong pembicaraan . Jauhkan dari pertengkaran walaupun calon pembeli mencela dagangan.
· Ulangi kebaratan calon pembeli itu secara perlahan-lahan. Tapi yakin bahwa segala keberatannya dapat diatasi. Tugas penjual di sini adalah membantu calon pembeli dan mengarahkan dia menuju titik klimak yang memuaskan.

Cara berbicara melalui telepon
· Penerima
Sebagai penerima telepon , begitu mengangkat telepon bergering langsung memperkenalkan diri kemudian mengucapkan salam sesuai waktu misalnya “222007 Mandiri Catering selamat pagi “Maksud dari memperkenalkan diri ialah supaya penelepon langsung mengetahui apa benar nomor yang dikehendakinya.
Penelepon sebelum menyampaikan maksudnya hendaknya menjawab ucapan salam misalnya “ PT Alim Rugi” bagian marketing selamat pagi.
· Penelepon
“Selamat pagi “ dapatkah saya berbicara dengan ibu Sandra ?

Yang harus dilakukan oleh penerima telepon

1. Mencatat
· Nama penelepon
· Nomor telepon / alamat
· Untuk siapa pesan ditujukan
Pesan harus dicatat dengan cermat baik tanggal maupun waktunya.

2. Mengulang pesan yang telah dicatat

3. Penelepon jangan lupa mengucapkan terima kasih. Nada suara hendaknya mengandung keramahan dan nada ingin membantu.

Itulah beberapa poin yang harus dilakukan bagi penjual supaya mencapai keberhasilan dalam berbisnis,dengan memahami seni menjual otomatis apa yang diharapkan akan terwujud,kuncinya adalah jangan menyerah dan patah semangat.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top