Fakta dan Cara Menghilangkan Jerawat

Fakta dan Cara Menghilangkan Jerawat

Anda pasti sudah mengetahui apa itu jerawat dan bagaimana dampaknya jika jerawat ada di wajah. Tentu saja anda akan merasakan kesal dan risih karena mengganggu dan menghalangi kecantikan wajah anda. Selain itu tidak jarang jerawat kemudian meradang dan menjadikan Anda merasa sakit atau perih. Setelah jerawat hilang ternyata tidak hilang semua karena bekas jerawat yang membandel akan sulit untuk dihilangkan. Mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat, tetapi sudah tahu belum fakta tentang jerawat?

Fakta Tentang Jerawat sebelum Anda Menghilangkan Jerawat.
Jerawat terdiri dari dua jenis, yaitu jerawat aktif dan bekas jerawat. Jerawat aktif terlihat memerah dan menonjol pada wajah Anda, sebagian dari Anda pun akan merasakan rasa sakit dan perih sehingga Anda ingin mencabut atau memencetnya. Sedangkan bebas jerawat dikenal dengan noda di wajah yang terlihat mulai menghitam, kempes atau bisa jadi membentuk kawah kecil pada wajah Anda dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.
fakta dan cara menghilangkan jerawat
Istilah medis atau kesehatan untuk jerawat dikenal dengan istilah acne vulgaris yang merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat kelenjar minyak di bagian foliker bulu halus atau rambut pada wajah. Biasanya terjadi pada seseorang pria atau wanita yang berada pada masa puber. Penyebabnya karena pada masa tersebut kelenjar hormon yang disebut sebaceous sedang tumbuh dan dihasilkan oleh kelenjar adrenal.

Jerawat tidak berbahaya tetapi dapat meninggalkan bekas luka dan mengganggu penampilan Anda. Yang paling dikenal di indonesia adalah jenis jerawat biasa dan juga jenis jerawat batu. Pada usia 11 hingga 30 tahun baik pria dan wanita tiga per empatnya akan mengalami jerawat yang tumbuh pada wajahnya. Penyebabnya sudah dipastikan adanya hormon yang meningkat pada kadar androgen. Ada juga yang memiliki jerawat karena keturunan atau faktor genetika dari keluarga. Pertumbuhan jerawat sendiri dipengaruhi oleh stress dan kecemasan, siklus mentruasi pada wanita, pemakaian kosmetik dan make up, suasana dan iklim yang panas serta lembab serta produksi minyak yang berlebih.

Produksi minyak pada kulit wajah yang kemudian tersumbat karena pori pori dipenuhi kotoran maka akan menjadi sarang dan tempat terbaik jerawat untuk tumbuh dan berkembang, lama kelamaan akan menjadikan jerawat dan sel sel kulit disekitarnya menjadi mati.
Yang Harus Diperhatikan
Selama proses menghilangkan jerawat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan karena akan membuat jerawat semakin parah akibat keringat yang akan keluar dari pori pori tapi tersumbat oleh jerawat.
  • Tidak perlu merasa gemas untuk memencet jerawat. Memencet jerawat akan mengakibatkan jerawat semakin parah dan menimbulkan bekas yang akan menjadikan wajah Anda tidak seperti dahulu kala.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak seperti gorengan, daging berlemak, dan kacang kacangan. Sebaiknya makan dan konsumsi sayuran dan buah serta perbanyak minum air putih.
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Bahan Herbal
Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan jerawat, salah satunya dengan menggunakan bahan bahan alami yang telah disediakan oleh alam. Anda bisa mencoba salah satu atau semua ramuan berikut sebagai salah satu usaha alami Anda dalam menghilangkan benjolan tidak menyenangkan di wajah Anda.
1. Madu
Madu sudah dikenal sebagai obat paling ampuh dan berkhasiat untuk segala jenis keluhan kesehatan. Untuk jerawat pun madu memberikan khasiat mengobati dan menghilangkan. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada kapas kecantikan yang bersih lalu letakkan pada jerawat. Biarkan kurang lebih sekitar 25 menit, lalu bersihkan dengan secara secukupnya. Akan lebih efektif jika ditempelkan pada jerawat sebelum tidur.

2. Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan juga dapat membunuh kuman bakteri penyebab jerawat. Sediakan sekitar 1 hingga 2 lemon lalu peras. Ambil kapas dan celupkan kepada perasan lemon. Setelah itu usapkan pada jerawat. Atau bisa ditempelkan pada area jerawat sebelum tidur, lalu bersihkan dengan air bersih keesokan harinya.

3. Es Batu
Es batu termasuk ke dalam salah satu bahan herbal yang bisa digunakan dalam membasmi jerawat pada kulit Anda. Proses dan cara kerja es batu cenderung cepat karena dapat membantu membasmi jerawat dengan meningkatkan sirkulasi dara pada lokasi dimana terdapat jerawat. Es batu juga dapat membunuh kuman dan bakteri akibat jerawat, mengecilkan pori pori kulit dan menjadikan kulit lebih bersih karena mampu menghilangkan kotoran dari kulit.
Ambil saja es batu secukupnya yang terbuat dari air bersih dan steril. Bungkus menggunakan kain bersih lalu kompreskan pada jerawat selama 10 sampai 20 menit. Lakukan secara rutin hingga jerawat kempes.

Trik Menghilangkan jerawat dengan Gaya Hidup
Ternyata, ada juga cara untuk membasmi dan mencegah serta menghilangkan momok acne yang satu ini dengan melakukan kebiasaan atau gaya hidup yang sehat. Apa saja? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang akan mencegah Anda mendapatkan jerawat juga dapat menghilangkan jerawat secara alami. Prosesnya sedikit lebih lama tapi akan lebih bermanfaat karena kebiasaan seperti itu akan terus terulang sehingga jerawat menjadi enggan datang lagi.
  1. Mencuci muka minimal 2 kali dalam sehari.
  2. Hindari pemakaian kosmetik dan make up yang berlebihan.
  3. Hindari meletakan tangan pada wajah atau jerawat terutama tangan yang kotor.
  4. Sering berolahraga sehingga kotoran di pori pori akan keluar melalui keringat.
  5. Gunakan pelindung kepala yang tidak ketat.
  6. Tidak usah memencet jerawat, biarkan saja.
  7. Minum banyak air putih untuk melancarkan metabolisme dan mengeluarkan kotoran termasuk jerawat.
  8. Hindari stress dan tekanan yang berat.
  9. Mandi lebih teratur dengan bersih dan efektif.
  10. Tidur yang cukup dan beristirahat ketika sudah benar benar lelah.
Jika perlu, Anda bisa mencoba untuk melakukan perawatan wajah dengan mengunjungi salon kecantikan dan meminta pekerja di sana untuk merawat wajah Anda misalnya dengan menggunakan mikrodermabrasi yang bisa membasmi jerawat dengan mengikis kulit mati sehingga sel sel mati akan terurai dan mengelupas kulit luar untuk mencerahkan wajah Anda. Atau jika dana Anda mencukupi, Anda bisa menggunakan teknologi laser yang mudah dan cepat. Biasanya akan terlihat hasilnya ketika Anda sudah menjalani 2 kali treatment menggunakan laser.

Alangkah lebih baiknya jika Anda rajin merawat wajah dengan melakukan facial secara rutin sehingga akan mengurangi jerawat yang membandel dan mencerahkan wajah Anda secara baik. Penggunaan feeling pun dapat mengangkat kotoran pada pori pori wajah sehingga dapat membantu mengurangi kotoran wajah dan menjadikan jerawat hilang dengan sempurna.

Untuk cara yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan berbagai jenis obat obatan seperti menggunakan benzoil Peroksida, asam salisilat, isotretinoid, dan retin A yang mampu memberikan efek membunuh bakteri penyebab jerawat dan menyingkirkan jerawat dari kulit dan mengangkat kulit lapisan terluar sehingga sel sel kulit mati bisa digantikan dengan sel yang baru.

Demikianlah fakta dan berbagai cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan sebagai usaha untuk menjadikan kulit wajah Anda semakin bersih tanpa ada noda jerawat dan lebih cemerlang karena terangkatnya kulit mati yang digantikan dengan kulit yang baru. Rawat terus wajah Anda yang sudah bersih sehingga jerawat tak mau lagi datang dan bersarang di wajah Anda.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top