Mengatasi Gatal Tanpa Infeksi Dan Iritasi Dengan Bahan-Bahan Alami

Mengatasi Gatal Tanpa Infeksi Dan Iritasi Dengan Bahan-Bahan Alami

Gatal-gatal yang mungkin anda rasakan bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Satu reaksi yang pasti anda lakukan adalah menggaruknya sampai kulit akan mulai memerah dan bahkan sampai menimbulkan luka. Tentunya hal tersebut akan memberikan bekas pada kulit. Untuk meminimalisasinya anda bisa mencoba untuk mengatasi gatal menggunakan beberapa bahan yang berasal dari alam di sekitar anda. Sehingga rasa gatal bisa dihilangkan tanpa menimbulkan bekas pada kulit anda.
gatal pada kulit

Mengatasi Gatal Menggunakan Bahan yang Alami
Gigitan nyamuk atau serangga menjadi alasan paling klasik yang membuat anda merasa gatal pada kulit. Selain itu gatal juga bisa jadi merupakan reaksi alergi terhadap sesuatu, misalnya makanan, suhu atau penyebab alergi lainnya. Kebiasaan anda untuk menggaruk bagian yang gatal harus mulai dikurangi karena selain bisa menimbulkan luka juga bisa membuat kulit anda menjadi iritasi atau bahkan infeksi. Hal tersebut dikarenakan kuku yang mungkin saja terdapat bakteri atau kuman tanpa anda sadari.

Jika anda ingin mengurangi rasa gatal, mungkin salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsem. Namun terkadang rasa gatal itu masih ada, sehingga anda perlu menggunakan cara yang lain.

Berikut beberapa cara alternatif untuk mengatasi gatal yang sulit hilang dengan menggunakan bahan-bahan yang alami
1. Melumatkan beberapa daun salam dan ditempelkan pada bagian yang gatal
2. Daun mahkota dewa juga bisa bermanfaat dengan cara penggunaan yang sama dengan daun salam
3. Campuran minyak goreng dengan garam juga bisa meredakan gatal. Minyak yang digunakan harus yang baru bukan jelantah
4. Untuk gatal yang disebabkan oleh alergi bisa diredakan dengan meminum air kelapa hijau yang dicampur dengan madu

Untuk bisa mengatasi gatal dengan tepat, tentunya anda harus mengetahui penyebab pasti dari gatal itu sendiri. Sehingga anda bisa menggunakan bahan atau sesuatu yang tepat untuk meredakannya. Misalkan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga tentu akan beda perlakuannya dengan gatal karena alergi.

Gatal yang disebabkan oleh alergi, anda juga harus mengetahui penyebab dari alergi tersebut dan mengatasinya terlebih dahulu. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai hal yang akan anda konsumsi atau gunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh alergi ini. Agar tidak ada efek samping atau dampak lainnya jika anda mengobati alergi tanpa saran dari dokter.

Dalam menggunakan beberapa minyak atau bahan-bahan alami tersebut untuk mengatasi gatal anda harus memperhatikan tingkat sterilnya dan memastikan bahan tersebut sudah benar-benar bersih untuk digunakan. Jika anda asal dalam menggunakannya bisa saja masih ada bakteri atau kuman di dalamnya, sehingga hal tersebut justru akan menimbulkan iritasi atau infeksi yang lebih parah pada kulit anda.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top