Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak merupakan salah satu bagian penting dari pertumbuhan mereka. Sebagai orang tua, anda bertanggung jawab agar mulut dan gigi anak terpelihara dengan baik. Banyak faktor yang bisa menentukan apakah anak anda akan memiliki gigi dan mulut yang sehat atau tidak. Dan salah satunya adalah faktor kebiasaan serta lingkungan di mana ia tinggal.
 Lingkungan merupakan salah satu yang paling berpengaruh terhadap kebiasaan seorang anak dalam merawat dirinya. Kebiasaan yang dicontohkan oleh ibu, kebiasaan yang dicontohkan oleh bapak maupun kebiasaan yang diperlihatkan oleh saudara saudara mereka akan memegang peranan yang sangat penting dalam pertumbuhan dan untuk menjaga kesehatan si buah hati.
kesehatan gigi dan mulut anak

Pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi

Mulut secara keseluruhan termasuk lidah, gusi dan juga gigi merupakan pintu masuk segala sesuatu ke dalam tubuh kita. Tidak mengherankan apabila mulut tidak sehat, badan pun sering kali ikut menjadi sakit.
Penting untuk diketahui bahwa kesehatan mulut dan gigi harus dimulai dan dirawat sejak dini. Mencegah gigi berlubang, mencegah gigi keropos dan beberapa masalah kesehatan mulut lainnya bisa dimulai dari makanan yang anak anak konsumsi, serta di mulai dari kebiasaan sehat yang mereka jalani.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak
Beberapa tips di bawah ini bisa anda jalankan di rumah untuk merawat kesehatan gigi dan mulut anak anda agar mereka tetap percaya diri, tumbuh dengan baik dan membawa kebiasaan baik hingga dewasa.

Sikat gigi teratur
Sikat gigi teratur tidak harus selalu pada saat mandi. Seringkali sebagai orang tua kita mencontohkan kepada anak bahwa menyikat gigi hanya pada saat mandi. Walaupun tidak ada salahnya untuk menyikat gigi pada saat mandi, namun alangkah cepatnya apabila anda mengajarkan anak untuk menyikat gigi beberapa saat setelah mereka makan misalnya setengah jam atau 1 jam.
Dengan menggosok gigi setelah makan dapat mencegah bau mulut, membersihkan gigi dari sisa sisa makanan serta plat yang ada. Selain itu, pasta gigi berfluoride yang anda berikan juga secara tidak langsung akan merawat permukaan gigi agar tetap sehat.

Sikat gigi yang tepat
Ajarkan kepada anak sejak dini cara menyikat gigi yang tepat serta cara menjangkau bagian bagian terdalam dari gigi mereka. Selain itu, pilihan sikat gigi yang anda berikan untuk anak juga harus sesuai dengan mulut mereka, bersifat lembut dan tidak merusak.

Makanan anak anda
Selain dengan rutin menyikat gigi terutama setelah makan, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak anak.
Makanan makanan manis seperti coklat dan juga permen bisa membuat gigi keropos dan rusak. Jangan membiasakan anak untuk menghisap permen terlebih jika seorang anak memakan coklat atau menghisap permen dan kemudian pergi tidur. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik dan harus dihindari.

Kunjungi dokter gigi
Dengan rutin mengunjungi dokter gigi, seorang anak juga akan termotivasi untuk menjaga agar gigi mereka selalu bersih dan sehat. Selain itu, anda bisa mendapatkan banyak masukan serta saran dari dokter gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak anda.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top