Belajar Dari Entrepreneur Sukses

Belajar Dari Entrepreneur Sukses

Salah satu sifat entrepreneur adalah tidak pernah berhenti belajar dimana pun berada dan kepada siapa pun. Belajar yang terus-menerus diperlukan dalam membangun kesuksesan usaha. Dengan belajar, seorang  entrepreneur dapat menggali informasi untuk mencari ide-ide baru yang lebih efektif, meningkatkan keterampilan dengan menggali cara-cara baru yang lebih efektif, mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat perubahan yang terjadi dengan membuat berbagai inovasi baru.
entrepreneur sukses

Belajar entrepreneurship dapat dilakukan dengan membaca perjalanan para entrepreneur yang telah sukses. Hal ini bermanfaat untuk:

  1. Bercermin terhadap visi-visi mereka yang sangat besar dan sesuaikan dengan visi Anda saat ini.
  2. Mencari ide-ide baru dengan perbandingan terhadap ide-ide mereka, disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda saat ini.
  3. Mempelajari strategi mereka menghadapi kegagalan yang terjadi sehingga bisa diubah menjadi peluang dan keberhasilan.
  4. Mempelajari sistem manajemen atau pelayanan unik yang mereka terapkan sehingga begitu memikat konsumen.
  5. Mempelajari inovasi baru yang mereka kembangkan dalam memenangkan persaingan pasar yang kompetitif.

Para entrepreneur sukses terbukti memiliki visi yang besar, dan demi mencapai visi tersebut mereka rela berjuang dan berkorban mati-matian sampai visi mereka berhasil. Misalnya Bill Gates Pemilik Microsoft yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat internasional rela mengorbankan bangku kuliahnya untuk focus merealisasikan visinya agar personal computer (PC) bisa dipakai oleh orang-orang diseluruh dunia di rumah-rumah mereka, ia keluar dari universitas dan mulai memokuskan diri membangun sistem computer, dan akhirnya berhasil.
Ide-ide yang dimunculkan oleh para entrepreneur sukses biasanya ide yang sederhana namun bersifat mendunia dalam arti ide tersebut dapat digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia, itulah target pangsa pasar mereka yang sangat besar. Pendiri Facebook awalnya mempunyai ide untuk membantu orang-orang di seluruh dunia agar bisa saling berhubungan melalui koneksi internet. Pendiri Amazon.com mempunyai ide untuk bisa memberikan informasi gratis kepada orang-orang di seluruh dunia dan menjual buku-buku berkualitas, idenya terwujud dan ia mencapai kesuksesan sebagai penjual buku terlaris.
Pengusaha di tanah air banyak yang mencapai kesuksesan dengan berawal dari ide-ide sederhana namun makin lama makin berkembang ditunjang dengan inovasi dan strategi baru. Purdi E. Chandra setelah gagal kuliah mengawali usaha dengan mendirikan bimbingan belajar Primagama di Yogyakarta, kini Primagama telah berkembang menjadi perusahaan besar (holding company) yang memiliki puluhan anak perusahaan di Indonesia. Pemilik website “Kaskus” mulanya memiliki ide untuk membuat website tempat berdiskusi untuk para pengunjung, kini telah menjadi website pada jajaran kelas besar di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang fantastis. Banyak para entrepreneur sukses bermula dari usaha kecil menjajakan barang di jalan atau door to door dank arena visinya yang besar mereka bisa berkembang dan mendirikan took lalu menjadi agen dan selanjutnya mempunyai pabrik.



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top