Beberapa Waktu Sholat Taubat Yang Mustajab

Beberapa Waktu Sholat Taubat Yang Mustajab

Pada hakikatnya setiap manusia adalah makhluk yang tidak pernah tidak berbuat salah dan dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Namun terkadang sebagian besar manusia tidak menyadari dosa yang telah ia perbuat, terutama dosa-dosa kecil yang terlihat sepele dan sering diabaikan bahkan tidak diperdulikan. Jika kita sadari sebenarnya dosa-dosa kecil inilah lama kelamaan jika dibiarkan akan menjadi dosa besar maka akan timbul rasa penyesalan dalam hati kita, sebelum allah menegur kita atas dosa-dosa yang telah diperbuat maka segeralah melakukan shalat taubat. Waktu shalat taubat ini berbeda dengan waktu-waktu shalat lainnya namun memiliki keutamaan yang sama dengan keutamaan shalat tahajud maupun keutamaan shalat dhuha dan shalat-shalat sunnah lainnya.


Setelah melakukannya sesuai dengan waktu shalat taubat yang sudah ditetapkan adapun kita dapat membaca beberapa doa-doa memohon ampun kepada yang maha kuasa atas dosa yang kita perbuat, menyesali untuk tidak kembali mengulanginya lagi dan doa-doa lainnya. Pada dasarnya doa yang yang kita panjatkan ketika melaksanakan shalat taubat boleh sama persis dengan doa sesudah shalat tahajud yang biasa kita panjatkan karena pada intinya shalat taubat ini dilakukan untuk menyesali perbuatan negatif diri sendiri sehingga doa-doa yang dipanjatkan sesudah shalatpun dapat sesuai kehendak kita namun tetap garis besarnya adalah memohon ampun kepada allah dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Untuk melakukan shalat taubat ini tidak dapat dilakukan di sembarang tempat, syarat sah agar shalat taubat kita diterima oleh allah juga sama dengan syarat-syarat sah shalat lainnya baik shalat sunnah maupun shalat wajib cara mengerjakannya pun sama saja dengan cara mengerjakan shalat tahajud hanya terdapat beberapa perbedaan dalam bacaan dan niat dalam shalat tahajud, jika shalat tahajud hanya dapat dilakukan pada malam hari tepatnya yag paling utama adalah di sepertiga malam dan sebelumnya harus tidur terlebih dahulu, maka untuk waktu shalat taubat ini sedikit lebih fleksibel dari shalat tahajud yang memiliki satu waktu saja.

Penasaran dengan waktu shalat taubat dan kapan saja dapat dilakukan shalat taubat berikut ini adalah waktu-waktu tersebut :

1. Boleh dilakukan mulai dari terbit fajar kedua sampai dengan matahari terbit

2. Dimulai dari matahari terbit sampai matahari naik sepenggal

3. Saat matahari tepat di tengah-tengah (ubun-ubun) sampai matahari dalam posisi condong

4. Dapat dilakukan mulai dari shalat ashar sampai matahari tenggelam

5. Menjelang matahari tenggelam sampai pada matahari tenggelam sempurna.

Dilihat dari waktu-waktu tersebut, terbukti bahwa shalat taubat benar-benar dapat dilakukan kapan saja mulai dari matahari terbit sampai pada matahari terbenam dari beberapa waktu tersebut sama seperti manfaat shalat subuh, shalat taubat ini juga memiliki beberapa manfaat terutama dalam menenangkan hati dan pikiran manusia.

Setelah mengetahui waktu shalat taubat tersebut maka tidak ada lagi alasan bagi seluruh manusia untuk segera melaksanakan taubat nasuha, mengingat dosa-dosa yang semakin hari semakin bertambah namun kadar iman dalam hati semakin berkurang. Bertaubat se segera mungkin jika merasa perasaan cinta duniawi sudah semakin membesar dibandingkan dengan kecintaan pada allah, segeralah bertaubat pula jika diri sudah mulai mengabaikan seruan panggilannya untuk mendatangi rumah-rumah allah yakni masjid padahal jarak antara masjid dan rumah begitu dekat. Tanamkan kepercayaan dalam hati sendiri bahwa kehidupan di dunia itu fana dan hanya sementara



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top