Info seputar Islami, Kesehatan, Bisnis

Friday, 9 December 2016

Trik Jitu Saat Melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

Permainan bola voli menjadi apik karena segala aturan yang menyertainya dan cara bermain para pelakunya. Pemain voli yang baik harus menguasai teknik-teknik dasar bermain voli dan kaidah-kaidah pembentukan formasi tim, baik formasi bertahan atau pun formasi menyerang, sehingga tim bisa bermain dengan bagus dan efisien.

Ada beberapa teknik dasar bermain voli yang perlu dikuasai oleh seorang pemain, yaitu teknik servis (memukul bola ke arah wilayah lawan untuk memulai permainan atau setelah mendapat poin nilai), teknik blocking (teknik pertahanan), teknik smashing (teknik menyerang dengan pukulan smash), serta teknik passing.

Dalam permainan bola voli, passing adalah teknik mengoperkan dari satu orang anggota tim ke rekan satu timnya dengan tujuan untuk menyusun serangan ke pihak lawan tanding. Agar pembangunan serangan bisa lancar dan efektif, maka passing haruslah dilakukan secara tepat dan akurat. Oleh karena itu, keterampilan melakukan passing harus terus diasah.


Trik passing bawah bagi pemula

Di dalam permainan bola voli, secara umum ada dua teknik passing: teknik passing atas dan teknik passing bawah. Masing-masing teknik memiliki metode latihannya sendiri. Terkait dengan trik passing bawah, berikut ini adalah langkah-langkahnya

Berikut ini adalah beberapa langkah melakukan trik passing bawah
  1. Mengambil posisi tegak dengan kaki kanan di belakang dan kaki kiri di depan. 
  2. Kemudian pantulkan bola ke lantai hingga melambung kembali 
  3. Selanjutnya, sambut bola dengan lakukan passing. Posisi tangan pada posisi ini adalah lurus dengan jari-jari kedua tangan mengepal menjadi satu. Dan bola dipukul dengan bagian di lengan tengah tangan. Kekuatan pukulan berasal dari gerakan kedua bahu. 
  4. Lakukan latihan ini berulang-ulang dalam keadaan pada satu titik berdiri. 
  5. Selanjutnya lakukan dengan gerakan maju-mundur, dan gerakan menyamping.

Trik ini sangat efektif bagi para pemula yang belum terlalu biasa melakukan passing secara dinamis dengan bergerak.

Posisi tangan dan Jari

Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan latihan passing bawah adalah posisi tangan. Posisi tangan untuk passing bawah harus lurus dan sejajar, keduanya harus bergerak secara sinkron dengan bertumpu pada gerakan bahu. Sementara bola harus jatuh tepat dan dipukul dengan lengan tengah kedua tangan. Sedangkan posisi jari kedua tangan menyatu dalam formasi seperti gambar berikut:

Beberapa Alternatif Cara Latihan Passing Bawah

Selain melakukan latihan passing bawah dengan sarana lantai, Anda juga bisa melakukannya dengan beberapa alternatif sarana lain seperti berikut:

Tembok 

Jika Anda telah cukup lihai dalam mengendalikan bola, maka Anda bisa mengalihkan latihan dari lantai ke tembok. Pilih tembok yang rata dan terplester baik sehingga memberi daya pantul yang kuat. Gunakan tembok untuk memantulkan bola yang anda pukul dengan teknik passing bawah. Anda bisa melatih teknik passing ini selama bola belum jatuh ke lantai karena tidak bisa Anda kendalikan.

Rekan Sepermainan 

Jika Anda telah bisa menguasai teknik passing bawah dengan lancar, maka Anda bisa mengajak seorang kawan untuk membantu latihan Anda. Lakukan variasi passing dengan mengarahkan bola ke belakang, depan, atau samping; sehingga Anda terbiasa dengan teknik passing yang dilakukan secara aktif dengan bergerak selayaknya dalam kondisi nyata di lapangan pertandingan.
Berlatih Passing Bawah dengan berbagai variasi smash
Setelah Anda lancar melakukan passing bawah, Anda bisa melakukan dengan kombinasi melakukan passing bawah sekaligus melakukan blocking smash. Untuk itu, seorang kawan yang bisa melakukan smash akan menjadi partner latihan yang sangat bagus untuk latihan ini.

Demikian adalah beberapa trik dalam melakukan passing bawah yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Jitu Saat Melakukan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli

0 komentar:

Post a Comment