Manfaat Shalat Subuh Bagi Yang Mendirikannya

Manfaat Shalat Subuh Bagi Yang Mendirikannya

“Dirikankah Shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan Subuh. Sesungguhnya Shalat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat,” arti surat Al-Isra’ ayat 78 ini mempertegas bahwa mendirikan shalat wajib itu sangat penting, terutama shalat subuh yang memiliki waktu sangat pendek di pagi hari. Karena banyak Manfaat Shalat Subuh yang bisa dirasakan bagi siapapun yang tak pernah meninggalkannya sekalipun.

Melaksanakan Shalat Subuh memang terbilang yang paling berat karena waktunya adalah di pagi hari, tepatnya ketika terbit fajar hingga terbit matahari atau sekitar pukul 04.30 hingga 06.00. sebab pada waktu itu masih banyak umat muslim yang tertidur, dan akhirnya lalai dalam melaksanakan ibadah wajib ini. Padahal jika mampu melakukannya dengan tepat waktu maka Manfaat Shalat Subuh benar-benar bisa dirasakan. Manfaat pertama adalah akan dilapangkan rezeki, seperti cerita zaman Rasulullah SAW, dimana beliau membangunkan anaknya Fatimah yang masih tertidur saat waktu Subuh sambil berkata “Bangun dan lihatlah Rezeki dari Allah SWT, karena Dia membagikan rezeki antar Subuh hingga terbit matahari,”. Selain itu, manfaat lainnya adalah menjadikan seseorang sebagai muslim sejati, karena mampu mendirikan shalat yang terberat dalam pelaksanaanya.

sumber gambar :pixabay.com
Tak cukup sampai disitu, Manfaat Shalat Subuh lainnya adalah sebagai sumber cahaya bagi yang beriman di hari kiamat, karena saat kiamat datang dunia akan gelap, dan cahaya akan muncul dari para umat yang mendirikan Shalat Subuh. Juga sebagai salah satu cara agar terhindar dari api neraka dan menjadi bagian dari kaum yang akan merasakan indahnya surga. Lantas, mana yang lebih baik menjalankan Shalat Subuh sendirian atau berjamaah di Masjid? Menyoal ini, beberapa hadits sahih mengungkapkan bahwa berjamaah saat Shalat Subuh lebih dianjurkan karena pahalanya lebih besar 27 kali lipat, ditambah pula para malaikan penjama malam dan siang hari akan berkumpul dan menyaksikan siapapun yang melaksanakan Shalat Subuh berjamaah. Jadi tak ada lagi alasan untuk mengabaikan kewajiban Anda sebagai seorang muslim ini, karena sangat banyak hal positif yang akan diraih jika melaksanakannya.

Masalahnya sekarang adalah, kebanyakan dari Anda mungkin akan disusahkan dengan bangun pagi saat azan Subuh berkumandang, sehingga Manfaat Shalat Subuh akhirnya tidak didapat dengan sempurna. Beberapa tips yang bisa dilakukan agar Subuh tetap terjaga setiap harinya adalah pertama tentunya dengan meluruskan niat untuk selalu mendirikan Shalat Subuh, lalu lanjutkan dengan meniru pola tidur Rasulullah SAW yang tidur awal, sehingga bisa bangun lebih awal, jangan lupa sebelum tidur berwudhu. Selain itu, upayakan untuk tidak makan sebelum tidur, untuk menghindari kekenyangan yang akan membuat tidur lebih pulas, jangan lupa untuk selalu berdoa agar dimudahkan segala urusan termasuk bangun pagi, dan jangan lupa untuk menyetel jam weker atau pengingat waktu shalat untuk memudahkan Anda terbangun saat Subuh datang.

Sungguh menakjubkan Manfaat Shalat Subuh bukan? Apalagi bagi yang sudah mengamalkan kewajiban di awal hari tersebut. jangan khawatir, bagi yang belum mampu mengamalkannya secara sempurna, tinggal mengikuti tips yang sudah diberikan tadi, agar bisa mengatur jam istirahat agar bisa bangun lebih awal untuk melaksanakan Shalat Subuh tepat waktu. Kalaupun masih belum bisa maksimal, setidaknya jangan berleha-leha ketika bangun telat, segerakanlah untuk Shalat Subuh, karena Allah SWT menyukai hambanya yang tepat waktu dan bersegera. Mari dirikan Shalat Subuh dan jadilah bagian kaum muslimin yang selalu dirahmati Allah SWT



No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top